MENCARI PEMIMPIN BERKUALITAS MELALUI DEBAT GAGASAN

SMAN 2 Pandeglang memiliki OSIS sebagai wadah bagi peserta didik di sekolah untuk mencapai tujuan pembinaan dan pengembangan siswa yang sesuai dengan visi-misi sekolah. Pengurus OSIS adalah peserta didik yang dipilih berdasarkan prestasi, dan keaktifan peserta didik di lingkungan sekolah. Menjadi pengurus OSIS harus mempunyai wawasan yang luas, pandai berinteraksi.

Dalam hal ini pembentukkan jiwa kepemimpinan dapat diperoleh melalui berbagai kegiatan intra sekolah maupun ekstrakurikuler, seperti Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS), Pramuka, Jurnalistik, PMR, Kerohanian, Club Olahraga, dan lain-lain.

Jiwa kepemimpinan merupakan keniscayaan bagi generasi muda, karena dengan jiwa kepemimpinan, para pemuda akan mampu mengarahkan dan menggerakkan kehidupannya ataupun kehidupan orang-orang di sekitarnya untuk mencapai visi, misi, dan tujuan yang akan dicapai.

Tujuan dari kegiatan ini adalah: Melatih, mengasah, dan memperkuat jiwa kepemimpinan peserta didik sebagai pengurus OSIS di sekolah, Membentuk budi pekerti peserta didik melalui jiwa kepemimpinan, Melaksanakan program Pembinaan Jarak Jauh Ekstrakurikuler (PJJE) sebagai salah satu kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Menjalin dan mempererat persahabatan antarsiswa, Menumbuhkan rasa cinta tanah air dan bangsa, dan Menyiapkan peserta didik menghadapi tantangan masa depan di era 4.0.

Kemudian diperlukan melatih kepemimpinan melalui OSIS sekolah, dengan cara debat kandidat, adu gagasan para calon pemimpin. Supaya bisa menilai sikap kepemimpinan siswa.

Previous Article
Next Article

Tinggalkan Balasan