KOMUNITAS BELAJAR SAMAKTA: MENGAMBIL LANGKAH NYATA DALAM PEMBELAJARAN MELALUI PLATFORM MERDEKA MENGAJAR (PMM)

Pandeglang, [13 Oktober 2023] – Di SMAN 2 Pandeglang, semangat belajar dan pengabdian kepada masyarakat telah membentuk komunitas belajar yang unik dan dinamis, yang saat ini berfokus pada penerapan Platform Merdeka Mengajar (PMM) untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan mengambil langkah nyata dalam pembelajaran.

Salah satu aspek utama dari komunitas ini adalah pengembangan keterampilan. Mereka sering mengadakan lokakarya dan pelatihan untuk siswa, membantu mereka mengembangkan keterampilan akademik, kewirausahaan, dan kepemimpinan. Guru dan siswa saling berbagi pengetahuan mereka dalam lingkungan yang terbuka dan kolaboratif.

Namun, yang membuat komunitas ini semakin menonjol adalah penggunaan Platform Merdeka Mengajar (PMM). PMM adalah platform pendidikan daring yang memungkinkan akses ke berbagai sumber belajar, termasuk video pembelajaran, tes, dan materi ajar. Komunitas ini telah menggunakan PMM sebagai alat untuk mendukung dan memperluas pembelajaran mereka.

PMM memungkinkan guru dan anggota komunitas untuk mengakses materi pembelajaran yang lebih bervariasi dan mendalam, serta mengukur kemajuan mereka melalui tes daring. Guru dapat memanfaatkan alat ini untuk memberikan materi ajar tambahan dan memberikan umpan balik yang lebih efektif.

Wakil Kepala Sekolah Kurikulum SMAN 2 Pandeglang, Ibu Dian Lestari, menjelaskan, “Kami bersemangat tentang potensi yang ditawarkan oleh PMM. Ini membuka pintu untuk pembelajaran yang lebih kreatif dan interaktif. Dengan menggabungkan PMM dalam pendekatan kami, kami dapat menghadirkan pembelajaran yang lebih dinamis bagi siswa kami.”

Ibu Imas, seorang guru yang aktif dalam komunitas belajar, mengatakan, “Kami percaya bahwa pembelajaran sejati adalah ketika siswa dapat menerapkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam situasi nyata. PMM telah membantu kami mencapai tujuan ini dengan lebih baik.”

Komunitas belajar “SAMAKTA” di SMAN 2 Pandeglang adalah contoh nyata tentang bagaimana penggunaan PMM dapat mengubah pendekatan pembelajaran dan menciptakan perubahan positif. Semangat mereka dalam berbagi pengetahuan dan membantu orang lain adalah inspirasi bagi banyak orang, dan mereka berharap untuk melihat lebih banyak inisiatif yang serupa dalam masyarakat.

Previous Article
Next Article

Tinggalkan Balasan