HARI BATIK NASIONAL : MENCINTAI BATIK UNTUK MELESTARIKAN BUDAYA INDONESIA

Pandeglang, 2 Oktober 2023 – Hari ini, dalam rangka peringatan Hari Batik Nasional dengan tema “Mencintai Batik untuk Melestarikan Budaya Lokal Indonesia,” siswa SMAN 2 Pandeglang menampilkan semangat dan kecintaan mereka terhadap batik, salah satu warisan budaya terbesar Indonesia.

Dengan penuh antusiasme, siswa dari berbagai kelas dan tingkatan di sekolah ini mengenakan beragam motif batik, dari yang klasik hingga yang modern, sebagai bentuk penghormatan terhadap warisan budaya bangsa. Mereka memakai batik dengan bangga sebagai simbol cinta dan penghargaan terhadap tradisi yang telah berlangsung ratusan tahun.

Siswa-siswi SMAN 2 Pandeglang berkumpul di lapangan sekolah, menunjukkan kepada semua orang betapa pentingnya melestarikan budaya lokal, terutama dalam upaya menjaga keberlanjutan tradisi batik Indonesia.

Salah satu siswa kelas XI, Siti Amilah, berkata, “Batik adalah warisan leluhur kita, dan mengenakannya adalah cara saya untuk menghormati mereka. Saya merasa bangga menjadi bagian dari upaya melestarikan budaya lokal.”

Kepala Sekolah SMAN 2 Pandeglang, Bapak Dade Supriatna, sangat mendukung inisiatif siswa-siswanya dalam memperingati Hari Batik Nasional. Ia berkomentar, “Saya sangat gembira melihat semangat dan kesadaran siswa-siswa kami dalam merayakan dan melestarikan budaya lokal. Ini adalah pelajaran penting yang dapat mereka bawa sepanjang hidup.”

Selain memakai batik, siswa SMAN 2 Pandeglang juga mengadakan berbagai kegiatan terkait dengan Hari Batik Nasional. Mereka mengadakan pameran batik di aula sekolah, di mana karya siswa dan informasi seputar sejarah batik dipamerkan untuk para pengunjung. Lokakarya batik juga digelar untuk memberikan pengalaman langsung tentang cara membuat batik kepada para siswa.

Siswa dan guru-guru sekolah ini juga menggelar diskusi budaya, di mana mereka memperbincangkan makna batik dalam budaya Indonesia. Pertunjukan seni tradisional, termasuk tari dan musik, menambah semarak peringatan ini.

Semua kegiatan ini bertujuan untuk membantu siswa memahami lebih dalam nilai budaya dan sejarah di balik batik, serta menginspirasi mereka untuk lebih mencintai dan menjaga warisan budaya Indonesia.

Hari Batik Nasional di SMAN 2 Pandeglang bukan hanya sekadar perayaan, tetapi juga merupakan momen pembelajaran dan penghargaan yang akan membantu memastikan bahwa budaya lokal, seperti batik, akan tetap hidup dan berkembang di masa mendatang. Dengan semangat ini, para siswa dan sekolah ini berkomitmen untuk terus melestarikan budaya lokal yang begitu berharga bagi bangsa Indonesia.

Previous Article
Next Article

Tinggalkan Balasan