SMAN 2 PANDEGLANG
LOKA KARYA

KEGIATAN LOKA KARYA


SMAN 2 PANDEGLANG, Pada hari Kamis sampai dengan hari Jumat, 14 -15 Juli 2022 SMAN 2 Pandeglang mengadakan Loka Karya (workshop) Penyusunan Perangkat Pembelajaran berupa Modul Ajar, ATP, dan Asesmen. Pelaksanaan kegiatan loka karya ini dalam rangka melaksanakan pembelajaran tahun pelajaran baru tahun 2022/2023. Pada tahun pelajaran 2022/2023 SMAN 2 Pandeglang merupakan  Sekolah Penggerak tahun kedua dengan menggunakan Kurikulum Merdeka. Peserta didik pada fase E (Kls X) dan F (kls XI) merupakan kelas yang menggunakan Kurikulum Merdeka.

 

Loka Karya (workshop) Penyusunan Perangkat Pembelajaran yang dilaksanakan di SMAN 2 bertujuan mempersiapkan guru untuk melaksanakan pembelajaran dengan sistem Pembelajaran Paradigma Baru. Pembelajaran Paradigma Baru merupakan karakteristik pembelajaran pada Kurikulum Merdeka yaitu Pembelajaran Berdiferensiasi. Pembelajaran Berdiferensiasi adalah pembelajaran yang mengakomodir kebutuhan belajar murid. Guru memfasilitasi murid sesuai dengan kebutuhannya, karena setiap murid mempunyai karakteristik yang berbeda-beda, sehingga tidak bisa diberi perlakuan yang sama. Dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi guru perlu memikirkan tindakan yang masuk akal yang nantinya akan diambil, karena pembelajaran berdiferensiasi tidak berarti pembelajaran dengan memberikan perlakuan atau tindakan yang berbeda untuk setiap murid, maupun pembelajaran yang membedakan antara murid yang pintar dengan yang kurang pintar.

Pelaksanaan Loka Karya pada hari pertama dibuka oleh Kepala Sekolah Dade Supriatna, S.Pd., M.M.Pd.  sekaligus menyampaikan arahan dan Kebijakan Pelaksanaan Kurikulum Merdeka. Beliau menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka guru dituntut lebih kompeten karena dalam implementasi Kurikulum Merdeka menerapkan pembelajaran berdiferensiasi  dengan menggunakan beragam cara agar murid dapat mengeksploitasi isi kurikulum, guru juga memberikan beragam kegiatan yang masuk akal sehingga murid dapat mengerti dan memiliki informasi atau ide, serta guru memberikan beragam pilihan dan murid dapat mendemonstrasikan yang mereka pelajari. Diharapkan guru-guru setelah mengikuti loka karya (workshop) dengan tepat waktu dapat menyusun perangkat pembelajaran sesuai dengan panduan yang berlaku.

Pelaksanan Loka Karya materi yang diberikan oleh fasilitator yaitu, Identifikasi Capaian Pembelajaran, menyusun Tujuan Pembelajaran menjadi Alur Tujuan Pembelajaran, Menyusun  Asesmen diagnostik baik kognitif maupun nonkognitif. Setalah pemahaman secara teori peserta Loka Karya mempraktikan menyusun menjadi perangkat Pembelajaran, mulai menentukan Tujuan Pembelajaran dari setiap elemen, Menyusun Alur Tujuan Pembelajaran, Menyusn assmen diagnostik, dan membuat modul ajar satu pertemuan awal. Narasumber pada loka karya ini yaitu Dian Lestari, S.Ag, M.Pd.I, beliau sebagai ketua Tim Pengembang Sekolah Penggerak dan juga sebagai Koordinator Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMAN 2 Pandeglang.

Tindak lanjut dari kegiatan Loka Karya, guru-guru diminta tagihan perangkat pembelajaran berupa Alur Tujuan Pembelajaran dan Modul Ajar minimal untuk satu pertemuan yang dibuat kegiatan pembelajarannya hasil asesmen diagnostik kognitif. Pada saat hari Senin, tanggal 18 Juli 2022 masuk awal pembelajaran guru-guru menyerahkan hasil kerjanya dan langsung tanda tangan Kepala Sekolah saat rapat Awal Tahun Pelajaran 2022/2023.(AH)


6 Komentar

  1. Dede Kiki EP
    Dede Kiki EP
    27 Agustus 2022 - 09:40:18 WIB

    Melalui lokakarya ini, guru-guru terbantu untuk mendapatkan informasi terbaru maupun panduan-panduan yang dapat memperbaiki dan memperlancar proses pembelajaran yang dilaksanakannya.

  1. Surahim
    Surahim
    27 Agustus 2022 - 14:10:26 WIB

    Kegiatan loka karya merupakan proses tranfer keilmuan di lingkungan civitas SMAN 2 Pandeglang. Sehingga dapat meningkatkan kompetensi profesional untuk guru-guru di SMAN 2 Pandeglang secara khusus.Bravo Samakta !!!


Tulis Komentar