SMAN 2 PANDEGLANG
Progres Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMAN 2 Pandeglang Tahun Pelajaran 2022/2023

Progres Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMAN 2 Pandeglang Tahun Pelajaran 2022/2023


SMA Negeri 2 Pandeglang merupakan sekolah penggerak tahun kedua dengan menggunakan Kurikulum Merdeka. Salah satu implementasi Kurikulum Merdeka yaitu Pembelajaran Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Pembelajaran Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila merupakan pembelajaran intrakurikuler yang terpisah dari mata pelajaran. Pembelajaran proyek  di fase E kelas X sebanyak 25 – 30% dari jumlah jp reguler per tahun sekitar 420 an jp pertahun. Di kelas X atau fase E pembelajaran proyek tahun ini ada 3 proyek yang harus diikuti oleh siswa yaitu proyek dengan tema Suara Demokrasi, Bangunlah Jiwa Raganya, dan Bhineka Tunggal Ika. Pembelajaran proyek di fase F kelas XI porsi pembelajaran proyek hanya 216 jp pertahun karena hanya mata pelajaran umum yang memiliki porsi P5. Di kelas XI fase F pembelajaran proyek tahun ini ada 2 proyek yang harus diikuti oleh siswa yaitu proyek Suara Demokrasi dan Bangunlah Jiwa Raganya.

Progres pembelajaran proyek sampai saat ini baru pada tahap finalisasi.  Penyusunan modul proyek yang sudah diselesaikan oleh tim penanggung jawab dalam pelaksanaan pembelajaran proyek yaitu modul dengan tema Suara Demokrasi yang akan dilaksanakan mulai tanggal 5 – 16 September 2022. Proyek ini akan dilaksanakan oleh siswa fase E kls X dan siswa fase F kls XI dengan subtema yang berbeda. Subtema di fase E kelas X yaitu Bangga dengan Pilihan Sendiri dimensi Profil Pelajar Pancasila yang ditanamkan yaitu bersikap berkebhinekaan global dan mandiri. Subtema di fase F kelas XI yaitu Bangga dengan Pilihan Sendiri, Pemimpin yang Berkualitas, dan Kompeten sebagai Organisator dimensi Profil Pelajar Pancasila yang ditanamkan yaitu bersikap gotong royong, bernalar kritis, dan kreatif.

Pada hari Jumat, 26 Agustus 2022, mulai pukul 13.00 s.d. 16.00 semua guru mengikuti kegiatan finalisasi penyusunan modul yang sudah disusun oleh tim. Dalam kegiatan ini setiap tim memaparkan hasil penyusunannya mulai Capaian Pembelajaran, Tujuan Pembelajaran, dimensi PPP yang akan ditanamkan pada siswa, dan asesmen yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran. Setiap tim memiliki progres masing-masing yang disusun agar siswa dalam melaksanakan pembelajaran proyek tidak jenuh dan membosankan. Pada kegiatan finalisasi ini peserta diskusi saling bertanya jawab dan saling menanggapi sehingga modul yang sudah disusun semakin sempurna karena banyak masukan dari semua rekan guru. Pelaksanakan pembelajaran proyek ini sepertinya akan seru dan tidak membosankan karena tim menyusun kegiatan-kegiatan siswa yang lebih produktif, ekspresif, dan kreatif. Salah satunya dalam fase pembelajaran, siswa akan menunjukkan kepiawaiannya dalam kampanye, dalam melaksanakan peran sebagai penyelenggara demokrasi, peran sebagai pemilih yang merasa bangga atas pilihannya sendiri. Pembelajaran proyek ini juga berkolaborasi dengan pihak luar yaitu orang tua siswa sebagai masyarakat yang piawai dalam menggunakan hak dipilih untuk berbagi pengalamannya ketika menjadi warga negara sebagai hak pilih.

Kita tunggu pembelajaran proyek pertama pada tahun pelajaran 2022/2023 mulai 5-16 September 2022. Semoga terlaksana dengan lancar, sukses, dan mencapai tujuan.

Berbagi implementasi Kurikulum Merdeka dalam pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Ada beberapa langkah yang telah dilakukan oleh guru-guru SMAN 2 Pandeglang yaitu,

 A.   Persiapan

  1. Menentukan tim proyek,Pada tahap ini menyusun tim proyek disesuaikan dengan jumlah proyek yang akan dilaksanakan di setiap fase. Karena selama siswa bersekolah di SMA wajib melaksanakan 7 tema proyek, maka kami bagi fase E,  3 tema, fase F,  kls XI 2 tema, Fase F kls XII  2 tema, namun untuk kls XII belum dilaksanakan karena masih menggunakan Kurikulum 2013.
  2. Setelah menentukan tim proyek, selanjutnya setiap tim menyusun rancangan  yang akan dilakukan seperti menentukan tema proyek dan dimensi PPP.
  3. Menyusun asesmen diagnostik kognitif/nonkognitif untuk untuk menentukan subtema proyek/bentuk proyek sebagai bentuk diferensiasi dalam proses pembelajaran.
  4. Menyusun modul proyek, Diawali dengan menentukan CP proyek, menyusun alur tujuan pembelajaran, menyusun kegiatan pembelajaran, dan menyusun asesmen formatif dan asesmen sumatif proyek.
  5. Kegiatan harus disusun sedemikian rupa agar siswa tdk jenuh karena pembelajaran proyek yang dilaksanakan di SMAN 2 Pandeglang sistem blok. Setelah dihitung peruntukan pbm proyek dalam setahun sebanyak 430 an jp per tahun untuk kls X. Jika dibagi 3 proyek maka siswa akan belajar proyek 1 selama 2 minggu,  proyek 2 selama 3 minggu, dan proyek 3 selama 3 minggu. Kelas XI hanya guru mapel umum yang jumlah jam pelajarannya dibagi dengan pembelajaran proyek. Sekitar 216 an jp per tahun siswa melaksanakan PBM proyek. Maka setelah dihitung siswa kls XI akan melaksanakan pbm proyek 1 selama 2 minggu, dan proyek 2 selama 2 minggu.
  6. Finalisasi penyusunan modul proyek, Langkah ini setiap tim memaparkan modul di depan semua guru. Peserta diskusi saling menanggapi sehingga modul akan semakin sempurna.

 B.    Pelaksanaan

  1. Pelaksanaan pbm proyek, Pembelajaran dilakukan sistem blok sesuai dg jadwal yg sdh ditentukan. Setiap kls ditangani oleh wali kelas dan pendamping, tergantung jumlah guru kls X dan XI dibagi setiap kelas berkolaborasi di dalam kls, terdiri atas 2 s.d. 3 orang guru. Guru-guru yang bertanggung jawab di kelas itu melakukan pbm proyek, penilain PPP dimensi yang sudah ditentukan, pada akhirnya memeroleh nilai dimensi PPP  sesuai yang direncanakan.
  2. Gelar proyek/Panen Raya dikolaborasikan dalam kegiatan yang sudah terprogram oleh sekokah untuk efesiensi pembiayaan. Tema ini dikolaborasikan dengan kegiatan Pemilihan OSIS.
  3. Rekap nilai oleh wali kelas untuk siap input ke E-raport.

 C.    Pelaporan Pelaksanaan P5

  1. Pelaporan disusun oleh tim proyek bersama ketua komite pembelajaran dan Waka Kurikulum yang digabungkan menjadi pelaporan pelaksanaan P5 secara keseluruhan dalam satu tahun.

 Sekian terima kasih semoga bermanfaat. (AK)


0 Komentar

Tulis Komentar