SMAN 2 PANDEGLANG
Sudah tak terbantahkan jika SMA Negeri 2 Pandeglang sebagai juara bertahan Lomba Debat Bahasa Indone

SANG JUARA BERTAHAN LOMBA DEBAT BAHASA INDONESIA (LDBI) DI PROVINSI BANTEN

SMA Negeri 2 Pandeglang sebagai juara bertahan Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) Tingkat SMA baik di kabupaten maupun di tingkat provinsi


SMAN 2 PANDEGLANG, 

Sudah tak terbantahkan jika SMA Negeri 2 Pandeglang sebagai juara bertahan Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) Tingkat SMA baik di kabupaten maupun di tingkat provinsi. Lima tahun terakhir banyak sekali prestasi yang diraih oleh Komunitas Debat (Kode) SMA Negeri 2 Pandeglang. Telah tercatat salah satu siswanya yaitu Fatimah Azzahro berhasil mewakili Provinsi Banten ke tingkat nasional. Setiap tahun menjadi juara tingkat kabupaten dan 3 kali menjadi juara satu tingkat provinsi, serta berkali-kali menjadi semifinalis atau finalis di tingkat provinsi. Prestasi yang laur biasa ini tentu sangat membanggakan warga Samakta.

Tahun ini, tepatnya tanggal 10 Agustus 2022 kembali Samakta mengukir prestasi sebagai Juara I Lomba Debat Bahasa Idonesia (LDBI) Tingkat SMA Kabupaten Pandeglang yang diselenggarakan oleh MGMP Bahasa Indonesia SMA Pandeglang dibawah komando Ibu Neli Fori Karliana, M.Pd. yang merangkap sebagai Ketua Panitia juga pelatih tim debat SMA Negeri 2 Pandeglang. Perlombaan yang menghadirkan juri dari perguruan tinggi ini berjalan sangat alot dan ketat. Dengan jumlah peserta 24 tim dari 20 sekolah negeri maupun swasta di Kabupaten Pandeglang. Tahun ini tim yang berhasil meraih juara 1 terdiri dari Siti Maryam Qibtiyah, Salma Putri Zenisa, dan Meidi Nastiti. Ketiganya masih duduk di kelas XI. Mereka siap menghadapai lomba di tingkat provinsi yang akan diselenggarakan bulan Oktober mendatang. Kegiatan lomba berjalan berlangsung sejak pagi hingga pukul 22.30 WIB. Ketua OSIS Akmal Ghossan Bimantara beserta jajarannya dan anggota Kode turut membantu menjadi panitia pelaksana. Waka Kurikulum yang juga pengurus MGMP Bahasa Indonesia Ibu Hj. Aan Khojanah, M.Pd. setia mengawal kegiatan hingga akhir.

Bertahan dalam satu prestasi tentu tidak mudah, banyak pihak yang turut membantu dalam memeperrtahankan gelar juara tersebut. Mulai dari kegiatan rutin melalui jadwal ekstrakurikuler juga pelatiahan persiapan setiap menjelang lomba. SMA Negeri 2 Pandeglang memiliki kebiasaan atau budaya melibatkan alumni dalam setiap kegiatan ekstrakurikuler. Selain untuk tetap menjaga tali silaturahmi, para alumni pun menyumbangkan tenaga, pikiran, serta pengalamannya ketika mereka menjadi peserta lomba debat. Kebiasaan yang sudah mulai membudaya ini ternyata sangat efektif dan hasilnya luar biasa. Beberapa alumni yang pernah berkibar namanya sebgai juara di antaranya yaitu Ii Nurul Hapsari, Fatimah Azzahro, Sintia Nuryuliana, Nana Oktaviana, Bintang Ramadhan, M. Hisyam Azikro, Rasbya Seykha, Iren Sudarya, dan tentunya sang pelatih handal Deni Legawa yang menjabat juga sebagai Ketua KLAUSA (Keluarga Alumni Samakta).

Dukungan yang luar biasa Bapak Dade Supriatna, S.Pd, M.M.Pd. selaku Kepala Sekolah dan dewan guru serta staf TAS, serta seluruh siswa SMA Negeri 2 Pandeglang menjadi bagian penting dalam perjalanan tim debat Samakta hingga meraih prestasi dan berhasil mempertahankannya dalam beberapa tahun terakhir. Semoga ekskul debat ini tidak hanya mengembangkan bakat siswa juga dapat mengimplementasikan Profil Pelajar Pancasila dalam setiap kegiatannya, lebih dari itu dapat menjadi ikon SMA Negeri 2 Pandeglang sekolah terbaik dalam lomba debat Bahasa Indonesia. (NF)


0 Komentar

Tulis Komentar